ZCoin

ZCoin (XZC) untuk Privasi Total Anda

Read in English

ZCoin merupakan sebuah mata uang crypto yang berfokus pada transaksi yang privat, membuat historis transaksi tidak dapat dilacak. Dengan implementasi dari zero-knowledge proof via protokol Sigma, yang merupakan versi perbaikan dari protokol Zerocoin, ZCoin menyediakan privasi total untuk penggunanya.

 

Transaksi yang Tidak Terlacak

Bitcoin, yang merupakan mata uang crypto yang pertama, memperlihatkan seluruh transaksi di buku besar publik jaringan, yang memungkinkan orang lain untuk melacak dan menganalisa pola transaksi. Meskipun telah terdapat serangkaian usaha untuk meningkatkan privasi dalam bertansaksi termasuk mencampur transaksi dengna transaksi orang lain, namun transaksi masih tetap dapat dilacak karena transaksi yang asli masih berada di dalam buku besar. ZCoin beroperasi dengan ‘membakar’ koin awal yang dipakai (proses minting) dan menyediakan kode matematika untuk penggunanya. Kemudian, penerima dalam transaksi akan menerima kode tersebut dan dapat menebus koin baru menggunakan kode tersebut. Koin baru yang ditebus tersebut tidak membawa data historis dan tautan ke alamat dari koin awal yang dipakai sama sekali, membuat transaksi tersebut tidak mungkin terlacak. Oleh karena proses transaksi ini, tidak ada seorangpun dapat melihat dan menganalisa pola pengeliaran dan historis transaksi Anda, sehingga kebiasaan pengeluaran Anda terproteksi.

 

Sigma, Protokol Privasi Baru di ZCoin

ZCoin telah mengimplementasikan Protokol Privasi Sigma sejak akhir Juli 2019 di main net-nya. Protokol Sigma tidak memerlukan sebuah pengaturan terpercaya (trusted setup), yang diperlukan di protokol Zerocoin yang sebenarnya tidak diharapkan ada. Ukuran proof Sigma juga jauh lebih kecil, yaitu sekitar 1.5 kB dibandingkan dengan Zerocoin dengan ukuran 25kB. Sigma memiliki fitur yang beranonimitas tinggi, dimana ia dapat mencapai sekitar 100,000 transaksi pembuatan dan pemakaian (mint and spend). Selain itu, ia juga memutuskan tautan transaksi dengan alamat awal koin secara utuh. Saat ini ZCoin sedang mengembangkan Lelantus, sebuah protokol privasi yang bahkan lebih baik lagi daripada Sigma yang akan dirilis pada Q1 2020.

 

Protocol Sigma + Exodus untuk Smart Assets

ZCoin mengimplementasikan protokol Exodus, yang memungkinkan pengembang aplikasi ataupun perangkat lunak untk dapat membuat koin atau aset, kontrak cerdas, dan bursa terdesentralisasi diatas blockchain ZCoin. Dan kabar baiknya adalah, ZCoin melapisi Sigma di exodus. Alhasil, para pengembang dapat membuat koin stabil dan koin yang di-backing aset yang terlindungi privasinya.

 

Penutup

Proyek ZCoin menciptakan koin privasi yang mendukung perdagangan bebas. Honest Mining mendukung ZCoin, yang memiliki tujuan untuk menjadi mata uang digital bebas dengan anonimitas utuh untuk melindungi para pengguna. Anda memerlukan minimum 1,000 ZCoin (XZC) untuk menjalankan sebuah Znodes. Namun, Anda dapat bergabung di shared node hanya dengan 5 ZCoin (XZC) di platform Honest Mining. Mulai staking ZCoin (XZC) hari ini dan hasilak sekitar 16% keuntungan setiap tahunnya!

You May Also Like

Honest Mining is now NOBI

Honest Mining Resmi Menjadi NOBI!

NOBI Talks – Cuan Dari Derivatif

NOBI Talks – Strategi Itu Apa Sih?

NOBI Games of Referrals

Pemenang NOBI Games of Referrals Agustus 2020