crypto mining vs crypto staking

Pilih Crypto Mining atau Crypto Staking?

Read in English

Pilih yang mana?

Crypto mining merupakan sesuatu yang telah ada beberapa tahun terakhir namun crypto staking merupakan sesuatu ide yang baru. Crypto staking adalah sebuah cara baru untuk mendapatkan pendapatan pasif. Kami akan membahas perbedaan antara mining dan staking di artikel ini.

Mekanisme Konsensus 

Pertama-tama, kita akan memperhatikan bagaimana cara kerjanya. Crypto mining memiliki mekanisme konsensus yang dikenal sebagai Proof-of-Work. Transaksi di blockchain harus divalidasi agar dapat dimasukkan ke dalam buku besar publik, dan kita mengenal node validator sebagai miner (penambang).

Semua miner di dalam jaringan akan menggunakan daya komputasi mereka untuk menyelesaikan algoritma rumit yang kemudian akan menghasilkan sebuah block baru yang terkait dengan block sebelumnya. Kemudian, transaksi akan tervalidasi dan miner yang berhasil memecahkan puzzle cryptografis tersebut akan mendapatkan upah berupa koin yang baru tercetak dan biaya transaksi jaringan.

Di sisi lainnya, crypto staking menggunakan mekanisme konsensus Proof-of-Stake. Dalam hal ini, tidak ada puzzle matematis yang perlu dipecahkan, dan sebagai gantinya pencipta block akan ditentukan berdasarkan jumlah koin yang dipegang oleh pencipta tersebut.

Seseorang yang memiliki lebih banyak koin (atau stake lebih banyak) akan memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk dipilih sebagai validator block selanjutnya, dan jika ia dipilih maka ia akan mendapatkan biaya transaksi sebagai upah. Dalam mekanisme Proof-of-Stake, tidak akan ada koin baru yang tercipta, namun semua koin akan tercipta dari awal. Oleh karena itu, upah dari crypto staking seutuhnya berasal dari biaya transaksi.

Mengapa Crypto Staking? 

Efisiensi Biaya

Mining memerlukan daya komputasi yang tinggi dan memicu ke biaya listrik yang tinggi pula. Belum lagi biaya investasi awal alat-alat mining yang terbilang relatif mahal. Di sisi lain, staking tidak menimbulkan biaya-biaya tersebut. Sebagai gantinya, seseorang akan perlu untuk staking sejumlah koin sebagai jaminan dalam periode waktu yang ditetapkan untuk menjalankan sebuah masternode.

Namun menjalankan masternode memerlukan jumlah jaminan minimum sebagai prasyarat. Jika jumlah koin yang di-staking jatuh dibawah batas minimum jaminan, maka ia tidak akan menjadi masternode dan tidak akan menghasilkan upah.

Desentralisasi

Mining di sistem Proof-of-Work memiliki resiko sentralisasi disebabkan aktivitas ini beralih dari komunitas ke tangan beberapa pihak. Ladang mining besar yang dijalankan oleh beberapa pihak tersebut memiliki daya komputasi yang lebih dan efisiensi yang lebih dikarenakan perjanjian pembelian jumlah besar dan efisiensi alat-alat yang lebih canggih.

Hal ini berarti ladang mining yang besar memiliki daya saing yang lebih dibandingkan orang-orang yang melakukan mining secara perseorangan. Disisi lainnya, sistem Proof-of-Stake tetap terdesentralisasi karena pembagian upah adil dan proporsional dengan posisi jumlah staking masing-masing orang. Hal ini sejalan dengan tujuan desentralisasi dari teknologi blockchain.

Bagaimana cara memulai crypto staking?

Kami ada untuk membantu Anda!

Di Honest Mining, Anda dapat melakukan staking di koin-koin yang menguntungkan tanpa harus menjalankan keseluruhan masternode. Dikarenakan biaya jaminan dari sebuah masternode relatif tinggi, Honest Mining menyediakan platform sebagai gerbang untuk jasa shared masternode (masternode bersama). Anda dapat menjalankan masternode bersama dengan ribuan pengguna lainnya di platform ini dan berbagi upah dengan mereka.

Honest Mining saat ini menjalankan dua jenis jasa sebagai berikut:

  1. Regular Shared Masternode: banyak pengguna dapat menggabungkan koin mereka untuk mencapai syarat jumlah jaminan untuk satu masternode.  
  2. Instant Shared Masternode: pengguna dapat secara instan turut serta dalam menjalankan masternode yang sudah dijalankan oleh platform.

Selain jasa yang disebutkan diatas, Honest Mining juga berencana untuk menyediakan jasa bagi individu yang ingin menjalankan satu masternode secara penuh di roadmap tahun 2020.

Crypto staking memberikan beberapa keuntungan. Selain hasil tahunan yang relatif tinggi dibandingkan deposito berjangka di Bank, mata uang crypto sendiri cenderung semakin lama semakin naik nilainya. Ini yang kami sebut sebagai menggandakan aset crypto. Anda dapat memperhatikan grafik pergerakan harga YTD DASH, yang merupakan salah satu koin yang terdaftar di Honest Mining dibawah ini sebagai referensi:

DASH/USD YTD Price Crypto Staking

Sumber: https://coinmarketcap.com/currencies/dash/

Sebelum Anda melakukan staking, pastikan Anda melakukan riset tentang koin yang akan Anda staking. Pasar mata uang crypto fluktuatif maka dari itu staking tidak berarti tidak beresiko.

Waktu tidak menunggu Anda. Mulai staking hari ini dan gandakan crypto Anda sekarang.

Happy Staking!

You May Also Like

NOBI Talks: Rahasia Cuan Yield Farming (Part 2)

NOBI Talks: Kenalan Sama DeFi (Part 1)

Honest Mining Delisting FBN & Smart

SMART dan FBN Dihentikan dari Honest Mining

NOBI Sept 2020 Highlght

NOBI September 2020 Highlight