Thursday, December 12

Penjelasan dari Variasi Proof-of-Stake

0
403
Variant PoS

Read in English

Kita semua tahu keuntungan-keuntungan dari mekanisme konsensus Proof-of-Stake dibandingkan Proof-of-Work, yaitu: efisien, aman dan terdesentralisasi. Namun, selalu terdapat perkembangan baru di industri cryptocurrency. Proyek-proyek baru bermunculan dan menawarkan yang disebut versi yang ‘ditingkatkan’ dari PoS itu sendiri. Jadi apakah variasi-variasi dari Proof-of-Stake dan koin apakah yang mencetuskan ide dibaliknya?

Standard Proof-of-Stake (PoS)

Ini merupakan sistem PoS yang kita kenal. Sistem ini pertama kali dikenalkan oleh Peercoin di tahun 2012. Di Pos klasik ini, seseorang harus staking sejumlah koin untuk dapat menjadi seorang validator. Semakin banyak koin yang ia miliki maka akan meningkatkan peluangnya untuk menjadi pembuat block selanjutnya di dalam blockchain. Namun, dikarenakan sistem ini mengakibatkan masalah ‘yang kaya bertambah kaya’, maka banyak cryptocurrency hari ini menggunakan metode-metode lain untuk memilih pembuat blok selanjutnya selain dari jumlah koin yang di-staking, yakni seleksi blok secara acak dan seleksi berdasarkan usia koin. Etherium, yang merupakan jaringan blockchain terbesar kedua di dunia sedang dalam proses untuk mengubah konsensus mereka dari PoW ke PoS segera di Protokol Casper mendatang. 

Delegated Proof-of-Stake (DPoS)

Delegated Proof-of-Stake memperkenalkan pihak lain selain validator ke dalam sistem, yaitu delegasi, yang merupakan pemegang token. Sejak awal akan ada sejumlah pasti validator yang dipilih untuk membentuk blok baru dan dimasukan ke dalam blockchain. Para delegasi kemudian akan memberi suara kepada validator yang mana yang akan membentuk blok selanjutnya, dan jumlah koin yang dipegang akan menentukan berat suara voting-nya. Validator yang memenangkan suara akan lanjut dan membentuk blok baru, kemudian rewards akan dibagi dan didistribusikan ke para delegasi. Sistem ini pertama kali diperkenalkan oleh blockchain BitShares di 2016 dan sekarang ini diaplikasikan oleh beberapa proyek terkenal seperti EOS dan Tron.

Leased Proof-of-Stake (LPoS)

Leased Proof-of-Stake merupakan versi peningkatan dari PoS standar. Sistem ini memilki peraturan yang sama dengan PoS, namun ia memiliki fitur yang memberi insentif kepada pemegang token dengan jumlah token sedikit. Para pengguna ini dapat ‘meminjamkan’ koin mereka ke staking nodes yang memiliki lebih banyak jumlah koin yang lebih berpeluang dipilih sebagai pembuat blok selanjutnya. Kemudian staking nodes akan menerima rewards setelah menghasilkan blok baru dan akan membagikan reward tersebut ke para ‘peminjam’ sesuai dengan persentase dari koin yang dipinjamkan. Para peminjam koin ini memiliki otoritas penuh atas kepemilikan koinnya, dan mereka dapat membatalkan peminjaman setiap saat. Proyek yang menggunakan mekanisme konsensus ini adalah Waves

Anonymous Proof-of-Stake (ZPoS)

PIVX  merupakan koin pertama yang memperkenalkan konsensus anonymous Proof-of-Stake. Ini merupakan mekanisme konsensus yang dimungkinkan oleh karena pengaplikasian protokol Zerocoin. Seperti yang terlihat dari namanya, tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui berapa jumlah koin yang seseorang staking di dalam jaringan. Sistem ini memungkinkan orang-orang untuk memilki rekening crypto secara privat sembari menghasilka rewards secara aman dan terlindungi privasinya. 

Hybrid Proof-of-Stake 

Banyak cryptocurrency masih menggunakan PoW sambil mengimplementasikan mekanisme konsensus PoS untuk tujuan keamanan. Banyak koin yang dimulai dengan sistem PoW namun kemudian menambahkan PoS untuk menvalidasi transaksi dan menambahkan blik baru ke dalam blockchain agar menjadi lebih efisien dan membuat penyerangan 51% lebih mahal. Hybrid ini muncul sebagai solusi untuk menggabungkan keuntungan dari kedua mekanisme konsensus. Banyak cryptocurrency yang menggunakan sistem ini, termasuk DASH dan ZCoin.

Kesimpulan

semua variasi dari Proof-of-Stake bertujuan memberikan pengalaman terbaik bari para pengguna melalui efisiensi dan desentralisasi. Kami percaya bahwa PoS akan menjadi masa depan. Oleh karena itu, hal ini merupakan peluang baik yang perlu diambil. nHonest Mining merupakan platform staking pool yang memungkinkan setiap orang untuk menjadi validator transaksi dan pembuat blok di dalam blockchain. Anda dapat memulai staking dengan investasi minimum di platform Honest Mining. Staking dengan kami juga tidak memerlukan ketrampilan teknis apapun dan beberapa klik dari Anda sudah cukup. Gabunglah dengan staking pool Honest Mining untuk koin PoS dan hasilkan rewards Anda hari ini!

 

Comments are closed.