cryptocurrency does not make sense cover

Mata Uang Crypto Tidak Masuk Akal?

Read in English

Anda pernah mendengarnya, Anda heran akannya, dan Anda mencari di Google tentangnya. Ya, mata uang crypto adalah sebah hal yang baru dan hal yang lagi hype akhir-akhir ini. Beberapa menyambutnya dengan antusias dan banyak yang mengabaikannya dengan skeptis karena mata uang crypto ini memang hal yang membingungkan. Tetapi dengan adanya teknologi baru blockchain di era ini, mungkin Anda tidak akan dapat mengabaikannya terlalu lama. Mata uang crypto sedang berkembang dan akan membawa revolusi keuangan sebelum Anda bahkan menyadarinya. Jadi pada kesimpulannya, sebaiknya Anda mempelajarinya.

Apa itu Blockchain?

Secara sederhana, blockchain adalah sebuah teknologi yang memungkinkan transaksi peer-to-peer dalam jaringan untuk dicatat di sebuah buku besar publik yang terdesentralisasi. Yang membedakan blockchain dari buku besar digital yang lain adalah blockchain tidak memerlukan sebuah entitas terpusat sebagai pihak yang dipercayai untuk mencatat transaksi. Sebagai gantinya, transaksi di blockchain disahkan oleh sejumlah mining node, jadi proses pengesahannya terdesentralisasi. Desentralisasi adalah kunci utama dari blockchain. Para penambang atau miner yang terdesentralisasi ini akan menggunakan daya komputasi mereka untuk memecahkan persoalan algoritma untuk mengesahkan transaksi dengan menghasilkan sebuah kode yang disebut hash. Sebuah hash harus terkoneksi dengan hash yang ada sebelumnya, demikian juga dengan hash selanjutnya dan hal inilah yang akan membentuk sebuah rantai yang dikenal sebagai blockchain.

 

Penjelasan tentang Mata Uang Crypto

Mata uang crypto merupakan sebuah aset digital yang dibentuk dan dikelola dengan sistem canggih yang dikenal sebagai cryptography. Ia adalah sebuah mata uang dan juga sebuah aset digital. Orang-orang dapat membelanjakannya dan juga dapat menginvestasikannya. Bitcoin merupakan mata uang crypto pertama yang memungkinkan jalannya teknologi blockchain. Seseorang dapat mengirimkan Bitcoin ke orang lain secara langsug dan buku besar dalam jaringan Bitcoin akan mencatat transaksi tersebut setelah semua penambang terdesentralisasi mengesahkannya. Penambang yang menginvestasikan daya komputasi untuk pengesahan transaksi akan diberikan Bitcoin sebagai ganjarannya.

Berikut adalah contoh kasusnya. Misalkan Bob ingin mengirimkan uang ke Amy. Di sistem keuangan tradisional, proses pengiriman uang melalui transfer akan melibatkan pihak ketiga, contohnya sebuah bank. Sementara itu jika menggunakan skema baru melalui blockchain, mata uang crypto digunakan sebagai aset digital untuk dikirim. Bob dapat mengirimkan uang dalam bentuk Bitcoin ke Amy. Semua penambang di dalam jaringan akan mengesahkan transaksi ini. Setelah semua node memiliki konsensus, transaksi akan menjadi sah kemudian akan dicatat dan selesai. Catatan transaksi mata uang crypto tersebut transparan dan akan selalu ada di dalam jaringan. Tidak ada seorangpun yang dapat mengubah datanya untuk selamanya.

 

Mengenai Koin

Bitcoin sebagai sebuah aset digital telah bertambah nilainya dalam selang waktu beberapa tahun. Ia dimulai dengan harga $0.03 per Bitcoin di tahun 2009 dan telah mencapai $12,637 di Juni 2019. Nilai Bitcoin fluktuatif namun secara garis besar grafik harganya bergerak keatas. Sampai saat ini, terdapat ribuan mata uang crypto selain Bitcoin yang dikenal sebagai Alternative Coin. Beberapa Altcoin utama meliputi Etherium (ETH), Ripple (XRP), Monero (XMR), Dash (DASH), dll. 

Dunia mata uang crypto masih didalam proses. Terdapat banyak sekali proyek-proyek yang muncul setiap tahunnya, dan lebih banyak orang yang mulai sadar tentang dunia crypto setiap harinya. Sebagai sebuah alternatif investasi, mata uang crypto menjanjikan masa depan yang cerah. Beberapa memilih untuk investasi melalui mining dan yang lain berspekulasi dalam trading jangka pendek. Kami akan membahas lebih lanjut tentang mata uang crypto dan investasi dalamnya di posting selanjutnya. Stay tuned!

You May Also Like

Ada Apa di NOBI di Bulan Desember?

Yield Farming: Kenapa Menjadi Tren?

NOBI Highlight November 2020

PIVX dan RPD Dihentikan dari Honest Mining