Hal yang perlu kamu ketahui tentang perdagangan cryptocurrency

5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Perdagangan Cryptocurrency

Mata uang digital pernah jatuh pada 2018 lalu dan tidak ada yang tahu kenapa hal tersebut terjadi. Ada ratusan pendapat tentang ini, namun melihat salah satu komentar pengamat, peningkatan nilai mata uang digital pada 2017 jauh melebihi nilai sebenarnya. Inilah yang selalu terjadi di era teknologi yang baru muncul dengan kepopulerannya dimana mengakibatkan peningkatan harga yang terlalu cepat.

Investor yang membeli Bitcoin seharga $50 bisa saja terus bersabar menunggu Bitcoin fluktuatif di harga $10.000, namun hal ini tidak sama bagi investor yang membeli aset di harga $19.000. Saat Bitcoin turun ke $15.000, banyak dari mereka yang panik dan menjual Bicoin mereka. Kepanikan ini menimbulkan goncangan pasar yang berakibat sentimen jatuh secara signifikan. Pelajari tentang deflasi di artikel ini.

Walaupun memiliki tingkat keuntungan yang sangat tinggi, pasar mata uang digital cukup beresiko karena itu Anda diharapkan untuk berinvestasi dengan strategi dan persiapan yang matang. Karena itu kita akan membahas 5 hal yang perlu Anda ketahui tentang perdagangan cryptocurrency di bawah ini.

Pahami Resiko

Pastikan Anda paham resiko saat membeli mata uang digital. Saat Anda membeli ICO, Anda berarti berinvestasi pada startup. Dimana kebanyakan startup berakhir gagal. Token juga hanya berguna secara internal, tidak sama halnya dengan saham yang memiliki aset fisik. Token juga tidak membayarkan dividen. Dua hal ini membedakan investasi token yang dimana Anda berinvestasi pada teknologi, dengan nilai fundamental yang rapuh.

Kemudian melihat regulasi mata uang digital, walaupun sedang digarap oleh banyak negara namun sepertinya akan memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk mendapatkan keputusan final. Terlebih fakta bahwa whitepaper jarang sekali direfleksikan dengan benar dalam Smart Contract, menjadi tabu sendiri dalam banyak kasus manipulasi oleh pendiri ICO.

Batasi Diversifikasi

Saat melihat harga token yang melambung tinggi, banyak orang yang ingin ikut bergabung untuk bersama meraup keuntungan. Walaupun begitu, mata uang digital memiliki tingkat resiko yang tinggi. Sebagai langkah bijak, mulailah dari jumlah sedikit daripada bertaruh seluruh tabungan Anda.

Jaga persentase portofolio Anda dengan baik. Mata uang digital lebih beresiko dari saham karena itu Anda harus melakukan diversifikasi dengan beberapa komoditas hedging sebagai penyeimbang. Anda diharapkan menempatkan dana hanya 5% dari total portofolio dan bisa menjadi 10% jika pasar perdagangan cryptocurrency sedang bagus. Namun 10% adalah batas akhir. Jangan sampai Anda menaruh semua aset Anda dalam mata uang digital karena resikonya yang tinggi.

Pilih Sebelum Membeli

Koreksi dalam mata uang digital bukan hal yang baru. Saat ini terjadi, semuanya akan turun, tidak peduli token itu Bitcoin atau Ethereum, semuanya tetap jatuh. Dengan memberi batas investasi, Anda kemudian bisa melakukan aksi beli saat pasar sedang potensial, walaupun mata uang digital sedang jatuh. Pastinya tetap ada mata uang digital yang potensial untuk dibeli dan Anda bisa memanfaatkan masa ini.

Beli token yang memiliki daya tarik fundamental yang baik. Anda dapat mengambil prinsip investasi di pasar yang bernilai. Contohnya Apple yang sudah memiliki pasar tersendiri sehingga sebenarnya Anda akan sangat mudah naik nilainya jika berinvestasi di dalamnya. Altcoins bisa memiliki fungsi yang mirip. Dengan pangsa pasar yang besar dan diterima masyarakat luas. Dengan kata lain, mudah untuk dilikuidasi. Beli koin yang memberikan Anda akses pada platform unik terutama dalam kondisi pasar yang sedang kurang baik.

Jangan Malas

Jika Anda tetap ingin membeli ICO, Anda perlu melakukan banyak penelitian terlebih dahulu. Ada sekitar 600 ICO yang muncul di pasar perdagangan cryptocurrency dari semester pertama 2018 dan hanya sedikit yang tersisa. Anda harus memastikan Anda bisa membedakan startup yang baik dan startup yang buruk. Anda bisa mulai melihat latar belakang dari pendiri perusahaan, tenaga teknis yang bekerja dibalik layar, dan sejarah perjalanan mereka.

Anda juga perlu melihat apakah ada organisasi tertentu yang mendukung aplikasi blockchain tersebut. Selain itu, lihat analisa banyak ahli lewat whitepaper yang dipublikasikan.

Analisa Teknikal Adalah Kunci

Dengan tidak adanya dividen dan keuntungan yang dibagikan, akan sulit melihat nilai fundamental dari aset kripto. Berapa nilai Bitcoin sebenarnya? Sulit untuk menjawabnya. Jika Anda tidak bisa menilai suatu aset, akan sulit untuk membayarkan nilai pasti saat membeli Bitcoin.

Walaupun begitu, ada cara dengan analisa teknikal. Anda bisa melihat nilai psikologi pasar dengan banyak alat indikator dalam membaca grafik. Fluktuasi harga aset bisa sangat dipengaruhi oleh sentimen pasar, bahkan dalam jangka waktu yang lebih panjang.

You May Also Like

NOBI Talks: Rahasia Cuan Yield Farming (Part 2)

NOBI Talks: Kenalan Sama DeFi (Part 1)

Honest Mining Delisting FBN & Smart

SMART dan FBN Dihentikan dari Honest Mining

NOBI Sept 2020 Highlght

NOBI September 2020 Highlight